Senin, 18 September 2017

Mengenal Teripang Laut Atau Sea Cucumber

Mengenal Teripang Laut Atau Sea Cucumber


Mengenal Teripang Laut Atau Sea Cucumber

Mengenal Teripang Laut Atau Sea Cucumber - Teripang atau dalam dunia internasional dikenal dengan nama sea cucumber dan dalam bahasa melayu dikenal dengan gamat merupakan jenis biota laut yang telah lama dikenal karena manfaatnya yang bisa dijadikan sebagai makanan hingga obat.

Beberapa negara seperti diantaranya Malaysia, Jepang, Indonesia & China adalah negara yang telah lama memanfaatkan teripang laut sebagai obat-obatan untuk berbagai jenis penyakit.

Lalu, apa itu teripang / sea cucumber ?

Teripang adalah jenis hewan laut kelas Holothuroidea. Mereka adalah hewan laut dengan kulit kasar dan badan memanjang yang mengandung gonad bercabang tunggal. Teripang ditemukan di dasar laut di seluruh dunia. Jumlah spesies holothuria di seluruh dunia sekitar 1.717 dengan jumlah terbesar berada di wilayah Asia Pasifik.

Teripang laut bermanfaat bagi ekosistem laut karena membantu mendaur ulang nutrisi, menghancurkan detritus dan bahan organik lainnya setelah bakteri dapat melanjutkan proses degradasi.

Seperti semua echinodermata, teripang memiliki endoskeleton tepat di bawah kulit, struktur kalsifikasi yang biasanya tereduksi menjadi ossicles mikroskopik terisolasi (atau skleriet) yang bergabung dengan jaringan ikat. Pada beberapa spesies ini terkadang bisa diperbesar ke piring yang rata, membentuk baju besi. Pada spesies pelagis seperti Pelagothuria natatrix (Ordo Elasipodida , keluarga Pelagothuriidae ), kerangka tersebut tidak ada dan tidak ada cincin berkapur.

Sebagian besar teripang, seperti namanya, memiliki tubuh yang lembut dan silindris walaupun ada sebagian yang panjang dan bulat. Teripang laut biasanya berukuran 10 sampai 30 cm (3,9-11,8 in), meskipun ada spesies yang paling kecil yaitu hanya 3 mm (0,12 in), dan yang terbesar bisa mencapai 3 meter (9,8 kaki).

Habitat

Teripang dapat ditemukan dalam jumlah besar di dasar laut yang dalam, di mana mereka sering membentuk mayoritas biomassa hewan. Pada kedalaman lebih dalam dari 8,9 km (5,5 mil), teripang terdiri dari 90% dari total massa makrofauna. Teripang membentuk kawanan besar yang melintasi fitur bathygraphic dari laut, berburu makanan.

Teripang sebagai makanan


Mengenal Teripang Laut Atau Sea Cucumber


Biota lait ini digunakan dalam bentuk segar atau kering dalam berbagai masakan. Makhluk dan produk makanannya umumnya dikenal sebagai bêche-de-mer dalam bahasa Prancis , dari bahasa Portugis "bicho do mar" (secara harfiah "cacing laut"), trepang (atau trīpang ) dalam bahasa Indonesia , namako dalam bahasa Jepang , balatan di Tagalog dan loli di Hawaii Dalam bahasa Melayu , itu dikenal sebagai gamat.

Sebagian besar budaya di Asia Timur dan Tenggara menganggap teripang sebagai makanan lezat. Sejumlah hidangan dibuat dengan timun laut, dan di sebagian besar piring itu memiliki tekstur yang licin. Bahan-bahan umum yang disertakan dengan masakan teripang meliputi musim dingin melon, conpoy, kai-lan, jamur shiitake dan koloni Cina.

eripang yang dituju untuk makanan secara tradisional dipanen dengan tangan dari perahu kecil, sebuah proses yang disebut " trepanging ". Mereka dikeringkan untuk pengawetan, dan harus direhidrasi dengan cara direbus dan direndam dalam air selama beberapa hari. Mereka terutama digunakan sebagai ramuan dalam masakan Cina sup atau semur.

Banyak spesies mentimun laut yang penting secara komersial dipanen dan dikeringkan untuk diekspor untuk digunakan dalam masakan Cina seperti : Holothuria scabra, holothuria spinifera, holothuria fuscogilva, actinopyga mauritiana, apostichopus japonicus, parastichopus californicus, thelenota ananas dan acaudina molpadioides.

Dari sudut pandang nutrisi, teripang merupakan makanan tonik yang ideal. Ini lebih tinggi protein (sekitar 55%) dibandingkan kebanyakan makanan lainnya kecuali putih telur (99%) dan memiliki 10-16% mucopolysaccharides, zat yang digunakan untuk membangun tulang rawan. Mentimun laut lebih rendah lemak dibanding kebanyakan makanan lainnya.

Teripang sebagai obat

Mengenal Teripang Laut Atau Sea Cucumber

Dari sudut pandang medis modern, teripang merupakan sumber berharga dari beberapa jenis zat yang dapat berfungsi sebagai produk kesehatan alami, dan, mungkin, dikembangkan sebagai obat-obatan.

Teripang, memiliki tubuh cartilagenous, berfungsi sebagai sumber mucopolysaccharides yang kaya, terutama kondroitin sulfat, yang terkenal karena kemampuannya mengurangi rasa sakit artritis, terutama osteoartritis. Sedikitnya 3 gram per hari timun laut kering memiliki telah membantu mengurangi arthralgia secara signifikan. Tindakan kondroitin mirip dengan glukosamin sulfat, blok bangunan utama kondroitin.

Studi Rusia, Jepang, dan China mengungkapkan bahwa teripang juga mengandung saponin (glikosida triterpen). Senyawa ini memiliki struktur yang mirip dengan unsur penyusun ginseng, ganoderma, dan ramuan tonik terkenal lainnya. Studi farmakologi menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antikanker dari saponin teripang.

Selain itu, minyak teripang laut mengandung dua fraksi anti-inflamasi. Satu fraksi memiliki karakteristik asam lemak yang ditemukan pada ikan; Mereka dapat digunakan sebagai pengganti minyak ikan dalam mengurangi hasil samping inflamasi dari metabolisme lemak, dan untuk memberi makan otak dan jantung.

Sumber : http://www.itmonline.org/arts/seacucumber.htm

Mengenal Teripang Laut Atau Sea Cucumber

8 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

  2. wihh nice info, kami menjual obat racikan paling tradisional dari bahan alami teripang si ketimun laut
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Obat Asam Lambung
    Golden Gamat
    Golden Gamat

    BalasHapus
  3. Thank you very much for sharing this very useful information, I am very happy to have found the information I was looking for. Once again, thank you so much.
    cara menyembuhkan batuk berdahak
    obat sakit payudara dan bengkak
    cara mengobati otitis eksterna
    obat penurun trigliserida alami
    cara mengobati impetigo pada anak
    obat luka koreng bernanah

    BalasHapus